Skip to content

Ebi Maki

Agustus 2, 2010

Bikin sushi itu teorinya gampang, prakteknya susaaaah…
Walau tahu realitanya karena ini bukan pertama kalinya bikin sushi roll, tetep aja penasaran pengen bikin lagi dan jadi jago (boleh dong berandai-andai). Pengen coba bikin Ebi Maki atau roll udang tempura, yang menjadi hidangan wajib kalau makan ke resto sushi. Yuk kita coba bikin.

Bahan-bahan:

  • 1 pack sushi nori (rumput laut untuk sushi, isi 6)
  • 1 piring nasi putih
  • 8 ekor udang (4 udang per roll)
  • 80gr tepung panir/1 sachet tepung tempura
  • 50ml air dingin
  • 1 buah ketimun
  • 6 buah crab sticks
  • Mayonaise secukupnya
  • Wasabi secukupnya

Lets get cooking!

Cuci udang & ketimun.  Campurkan 80gr tepung panir dengan 50ml air dingin dan kocok hingga kental. Siapkan panci dengan minyak setinggi 1,5 ruas jari. Celupkan udang pada campuran tepung dan air lalu goreng selama 30 detik, angkat dan tiriskan diatas koran atau handuk kertas.

Potong ketimun menjadi 2 bagian, lalu potong lagi menjadi 2 bagian. Keluarkan biji timun, lalu potong ketimun panjang-panjang. Rebus crab sticks selama 1-2 menit, angkat dan potong panjang seperti ketimun.

Siapkan tikar bambu (tatami) atau cling wrap untuk menggulung sushi. Punya saya hilang entah kemana, jadi saya pakai cling wrap plastik. Tempatkan selembar nori pada tatami atau cling wrap. Taruh nasi di bagian tengah atau salah satu pinggiran nori.  Saat meletakkan nasi, basahkan tangan dengan air dingin agar nasi tidak lengket di tangan. Buat kotak persegi panjang dengan ketebalan + 1cm.  Oleskan sedikit wasabi pada nasi, letakkan 4 udang tempura, ketimun, dan 3 irisan crab sticks diatas nasi, dan oleskan mayonaise diatasnya.

Gulung sushi, pastikan satu bagian nori yang tidak terkena nasi menjadi penutup. Potong menjadi 6-8 potong, masing-masing setebal 3 cm. Bahan-bahan dari resep ini bisa untuk membuat 12-16 potong sushi. Enjoy.

p.s. : Agar rasanya lebih mantap, saya sarankan menambahkan irisan alpukat. Sayangnya saat membuat ini alpukat sedang tidak musim dan yang ada di supermarket masih pada keras.

2 Komentar leave one →
  1. Agustus 3, 2010 8:22 AM

    ngileeeeer… :-D~

  2. Hery permalink
    Agustus 5, 2010 10:58 AM

    asoy geboy, boleh juga nih kalo bikin restoran sushi, saya siap jadi customer pertama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: