Skip to content

Kepiting Goreng Saus Tiram

Mei 31, 2010

Doyan banget dah makan kepiting/rajungan, terutama kalau mereka masih fresh hasil tangkapan dari laut. Sayang sekali kita agak telat pagi itu ke dermaga Ancol, sehingga hampir kehabisan untuk dapat beli kepiting. Setelah berkeliling dari satu nelayan ke nelayan lain, Alhamdulillah bisa dapat 2 ekor, walau agak kecil.

Ada beberapa cara memasak kepiting yang enak, seperti kepiting saus butter cream, goreng asam manis, goreng saos padang, dan masih banyak lagi. Sayangnya di dapur kita kekurangan bahan-bahan untuk membuat yang eksotis, jadi kita bikin yang gampang-gampang aja deh: “Kepiting Saus Tiram”.

Yuk kita buat!

Bahan-bahan:

  • 1-2 ekor kepiting/rajungan
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 siung bawang merah, cincang halus
  • 1 batang daun bawang, potong kecil-kecil
  • 1 ruas jahe, keprak
  • 2-3 cabe merah
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap Inggris
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm mentega
  • 1 cangkir tepung terigu
  • 1 cangkir air
  • lada & merica secukupnya

Let’s get cooking!

Rebus/kukus kepiting selam 10-15 menit, keluarkan lalu potong-potong menjadi 4-6 bagian, buang insang dan organ lainnya. Campur bawang merah, bawang putih, jahe, cabe dan terasi lalu uleg sampai halus dan menyatu.

Panaskan penggorengan dengan api kecil dan masukkan mentega, biarkan meleleh. Masukkan bumbu hasil uleg dan tumis hingga wangi. Gulingkan kepiting dalam tepung (tidak perlu menempel rata) dan masukkan kepiting dalam penggorengan Goreng selama + 5 menit. Tambahkan saos tiram, kecap manis & asin, dan garam. Aduk hingga merata.

Tambahkan 1 cangkir air dan aduk hingga air berkurang dan kental. Hidangkan untuk 1-2 orang. Enjoy🙂

 

Saksikan Resep Video Happy Tummy:

5 Komentar leave one →
  1. Astri Setiawati permalink
    Mei 31, 2010 2:14 PM

    Look yummy… Bole juga ni chef Chandra😀

  2. Mei 31, 2010 2:29 PM

    nyobain ach,,,tx chan ^_^

  3. Mei 31, 2010 2:30 PM

    Next time coba ah..thanks for sharing

  4. Mansyur permalink
    Juni 24, 2010 9:51 AM

    enak tuh kayaknya, bikinin bapak ya can

  5. Fitria Annisa (Icha) permalink
    Oktober 3, 2010 4:05 PM

    Wah..
    Terima kasih yah udah di kasih tau resepnya.
    Jadi doyan Nea makannya.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: