Skip to content

BokChoy Kukus

Mei 3, 2010

Ngga’ tau kenapa gue doyan ngemil bokchoy (sawi pendek) yang dikukus. Bermula dari makan sayur serupa yang pahit di restoran Cina, tapi kok ya gue suka. Resep ini bukan untuk semua orang, cocoknya sebagai makanan pendamping (side dish) masakan Cina lainnya.

Bahan-bahan:

  • 1-2 ikat bokchoy (kalo di pasar gak ada, cari di supermarket)
  • 250ml air
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap Inggris
  • 2 sdt saus tiram
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 2 sdm garam

Let’s get cooking!

Siapkan sebuah panci yang bisa untuk mengukus. Potong bawang merah manjadi dua. Setengahnya campurkan dengan bawang putih dan haluskan, potong tipis setengahnya dan sisihkan terpisah. Masukkan minyak wijen dalam panci dan tumis bawang merah dan putih yang telah dihaluskan. Tambahkan saus tiram lalu guyur dengan 250ml air dan diamkan hingga mendidih. Pasang alat untuk pengukus diatas panci.

Potong bagian bawah (bongol) bok choy dan cuci bersih. Taruh dalam mangkuk bersama irisan bawang merah dan lumuri dengan kecap Inggris dan garam. Biarkan 5 menit.

Angkat tutup panci pengukus dan masukkan semua isi mangkuk (tanpa mangkuknya) ketempat kukus, taburkan garam diatas bokchoy lalu tutup kembali tutup pengukus. Biarkan 5 menit dan angkat.

Bokchoy kukus siap disajikan menemani semangkok nasi panas dan ayam goreng mentega atau hidangan daging khas Cina lainnya. Atau mungkin anda ingin aneh seperti saya dan digado sambil nonton TV?

P.S: kalau anda bertanya mengapa sudah dikasih kecap Inggris masih dikasih garam? Karena saat dikukus gak tau kenapa asinnya hilang tapi rasa kecapnya masih, jadi kasih garam lagi diatasnya biar tetap ada rasa gurihnya.

One Comment leave one →
  1. Januari 1, 2013 7:42 PM

    Salam kenal Mas Chandra, saya nyasar ke sini karena googling sayur kukus yang kena di lidah.. Dan ngeliat bokchoy kukusnya, keliatannya fresh dan yummy.

    Jalan-jalan ke posting resep lain, bikin pengen coba semuaaaa…

    Izin nge-link ke sini satu waktu nanti yaaa.. kalau udah berhasil coba2 resepnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: