Skip to content

Chicken Pot Pie (emergency version)

April 26, 2010

Hasilnya ngga’ cantik, tapi rasanya dijamin mantap dan habis diserbu.
Chicken pot pie adalah salah satu hidangan favorit saya dan baru kali ini bisa membuat sendiri karena baru sekarang ini berani bikin (karena dah punya oven). Sebetulnya gak ada niat bikin hidangan ini, berawal dari permintaan nyokap (emak gue) untuk memasak steamboat/shabu untuk 30 orang, tersisa banyak daging ayam untuk bikin kuah kaldu.

Oke, resep berikut adalah resep “Emergency Recipe“, karena dibuat dari bahan-bahan yang kebetulan ada di dapur saat itu. Jadi gak pake cream, gak pake wortel, dan banyak yang kurang, but I made it work.πŸ˜€

Bahan-bahan
Daftar bahan-bahan dibagi menjadi dua, satu untuk membuat adonan pastry dan satu lagi untuk bahan filling atau isi dari chicken pot pie itu sendiri. Saya anjurkan untuk tidak mengikuti resep membuat pastry saya, karena saya sama sekali tidak berpengalaman dalam membuat pastry.

Bahan Pastry:

  • 1 1/2 cangkir tepung terigu
  • 2 sdt mentega (lelehkan)
  • 50ml air

Bahan Filling/Isi:

  • 150ml kaldu ayam (+ 1 cangkir)
  • 2 paha ayam utuh tanpa kulit
  • 2-3 batang dau seledri, cincang.
  • 8-12 jamur merang atau jamur kancing (champignon)
  • 50gr macaroni (optional)
  • 1 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 1/2 bawang bombay
  • 3 bawang putih
  • 250ml susu putih
  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm tepung maizena
  • Lada, garam & merica secukupnya

Let’s get cooking!

Seperti tertulis diatas, saya anjurkan anda mencari resep pastry yg lebih pas.
Pertama campur terigu, air dan mentega dalam satu mangkok. Aduk hingga kental dan padat, ambil 2/3-nya, lalu giling (saya pake botol karena gak punya gilingan) hingga selebar kurang lebih 2 kali besarnya mangkuk besi atau alas keramik yang akan anda gunakan untuk memanggang. Oleskan mentega pada dinding mangkuk lalu masukkan adonan tersebut. Adonan harus luber dari mangkuk, jika belum luber, giling lagi, tapi jangan terlalu tipis.

Giling sisa 1/3 adonan tadi untuk sebesar mangkok, ini akan menjadi penutupnya nanti.

Mari membuat isinya!

Memarkan bawang putih, iris bawang bombay, potong jamur dan rendam makaroni dalam air. Masukkan ayam kedalam 250ml air dan masak hingga daging matang dan kaldu ayam terbentuk. keluarkan ayam dan potong menjadi dadu atau siwir. Buang tulang ayamnya.


Tumis bawang putih dan bawang bombay dalam panci dengan sedikit minyak. Masukkan kaldu ayam dan susu beserta mentega dan kecilkan api. Aduk hingga merata lalu masukkan pasta (makaroni) & jamur dan tutup panci. Saat pasta sudah mulai matang, masukkan ayam yang telah disiwir beserta seledri. Tambahkan gula, lada bubuk, merica dan garam secukupnya. Saat mendidih, tambahkan tepung maizena dan aduk sehingga kuah kental.

Setelah kuah kental dan matang, masukkan isi kedalam mangkuk yang sudah berisi adonan pastry. Letakkan adonan penutup diatasnya lalu tutup dengan luberan adonan dalam mangkuk. Hias jika anda mau. Oleskan kuning telur pada bagian atas pastry.

Panaskan oven 220 celcius. Setelah 5 menit, masukkan mangkuk berisi adonan dan isi kedalam oven dan panggan selama 15-25 menit (tergantung tebal tipisnya adonan yang anda buat) atau angkat bila bagian atas telah berwarna coklat.

Chicken Pot Pie emergency version siap dihidangkan. EnjoyπŸ˜‰

12 Komentar leave one →
  1. April 26, 2010 10:15 AM

    With comfort food like chicken pot pie it is much more important how it tastes than looks, I think. Still seems like an odd thing to cook in Indonesia…πŸ˜‰

    • Chandra Marsono permalink*
      April 27, 2010 8:25 AM

      What can I say, I was British bred. As sometimes bland or distasteful as people say British food are, I miss it every now and then.

  2. April 26, 2010 4:00 PM

    ngeliat gambarnya aja udah mengundang selera makan.
    jadi pengen nyobain masak juga nih :p

    bikin emergency recipes klo lagi males makan di luarπŸ˜€

  3. April 26, 2010 4:09 PM

    apakah terinspirasi dari Cafe World?πŸ˜€

    • Chandra Marsono permalink*
      April 26, 2010 5:12 PM

      nggak lah, chicken pot pie dah favorit sejak lama, baru kesempetan bikin sekarang aja.

  4. April 26, 2010 4:13 PM

    does it have pasta in it? It looks so good!

    • Chandra Marsono permalink*
      April 26, 2010 5:12 PM

      Yup, I put in 8 stalks of uncut macaroons just to fill in the blanks.

  5. Mei 4, 2010 9:39 AM

    makasih resepnya. saya mau resep khas Inggris yang lain dong.

  6. Dimas Wurianto permalink
    April 12, 2013 12:37 PM

    Sorry mas Chandra baru tau blog nya ini dan pengen nanya… kalo kita pake kulit pastry yang udah jadi, yang biasa dijual di supermarket2 gitu, bisa gak ?

    • Chandra Marsono permalink*
      April 16, 2013 2:26 PM

      Pernah pakai yang begitu dan hasilnya seperti di post ini: kering. Gw bukan pastry chef jadi waktu post ini ga ngerti soal bikin kulit yg enak. Setelah beberapa lama belajar bikin pastry baru sekarang2 ini nih mulai lumayan. Nanti kapan2 kalau lagi ga males aku share deh.πŸ™‚

Trackbacks

  1. Cooking Emergency? “emergency cooking” | Survival food supplies
  2. BROWNIE EMERGENCY I need a good plain recipe for brownies please help!? “emergency cooking” | Survival food supplies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: