Skip to content

Saus Pasta Dari Tomat Organik (Pomodoro)

April 4, 2010

Ada kiriman 1 kardus kecil tomat segar organik dari sepupu yang memiliki perkebunan di Jawa Barat. Freshly picked, merah mengkilat, fresh banget deh pokoknya.

Kalo sudah lihat tomat segar banyak gitu, yang langsung kepikiran adalah pasta. Tomat yang di puree dan dibuat saus yang pasti pas untuk berbagai macam pasta dari spaghetti, linguine, vermicelli, rigatoni sampai macaroni, bahkan lasagna.

Ok, kali ini kita akan belajar untuk membuat beberapa variasi dari saus tomat untuk pasta, dimulai dari yang paling mendasar atau yang lebih dikenal dengan nama pomodoro dengan tambahan dengan jamur, lalu bagaimana mengolahnya menjadi bolognaise dan bahan pelengkap untuk memasak lasagna.

Basic Tomato Sauce (Pomodoro)
Bahan-bahan:

  • 6 tomat merah
  • 4 bawang putih
  • 1 bawang bombay ukuran medium
  • 2 batang daun kemangi
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 sdt garam & merica
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 10 jamur kancing / champignon (lebih juga boleh)
  • 110ml air

keju secukupnya

Let’s get cooking!

Potong semua bahan. Potong tomat besar-besar, iris bawang bombay, potong jamur menjadi 1/2 atau 1/4, dan potong daun kemangi setipis mungkin (buang batangnya).  Godok jamur dalam panci selama 10 menit. Sisihkan.

Jika anda punya blender atau food processor, masukkan tomat, bawang putih daun kemangi serta minyak zaitun dan puree hingga halus. Jika tidak, haluskan bawang putih, lalu masukkan dalam penggorengan (api kecil) bersama bawang bombay dengan minyak zaitun. Jika sudah wangi dan sedikit caramelized, masukkan bawang tomat, dan kemangi. Masak sebentar lalu hancurkan tomat dengan sodet sehalus mungkin. Gak harus puree, yang penting gepeng.

Masukkan jamur dan 110 ml air kedalam penggorengan bersama garam, merica dan gula. Biarkan mengental lalu angkat. Its ready, siap dituangkan diatas pasta. Hidangkan dengan parutan keju parmesan atau lainnya (jika suka).

Bolognaise, Meatball, atau Lasagna
Ada beberapa cara untuk menambahkan daging ke dalam saus tomat yang sudah kita buat. Untuk saus bolognaise dan lasagna, anda membutuhkan daging cincang. 100-200 gram cukup sesuai dengan selera. Bedanya bolognaise dengan saus tomat untuk lasagna adalah cara memasak daging tersebut.

– Bolognaise & Meatball
Anda membutuhkan stok atau kaldu sapi baik dari hasil menggodok daging/tulang sapi atau dengan menggunakan kaldu sapi bubuk yang mudah didapat di warung. Gunakan kaldu sapi ini untuk mengganti 110ml air pada resep dasar.

Anda juga perlu menggoreng daging cincang dahulu hingga matang, baru memasukkan bawang putih dan bahan-bahan lainnya seperti diatas.

Hal yang sama juga perlu anda lakukan jika ingin menambahkan meatball. Goreng meatball dahulu hingga coklat sebelum memasukkan bawang putih dan bahan-bahan lainnya.

– Lasagna
Berbeda dengan bolognaise, daging dalam lasagna lebih lembut. Daging cincang digodok saampai matang dan dicampur dengan saus tomat pada tahap akhir. Saus tomat kemudian siap untuk dicampur dengan lapisan pasta dan keju sebelum dipanggang (akan posting resep lasagna nanti kalo mood).

Buono apetite!

10 Komentar leave one →
  1. April 4, 2010 11:19 PM

    bumbu spageti memang multifungsi

  2. April 4, 2010 11:21 PM

    Seringkali tomat lokal terlalu berair dan asam untuk dibuat saus pasta pomodoro. Ada jenis tomat organik yang lebih merah tua dan tidak terlalu asam ndak?

    • Chandra Marsono permalink*
      April 4, 2010 11:28 PM

      Kalau mau yang tidak terlalu asam, mungkin bisa coba yang tumbuh secara hydroponik. Kalau soal warna, I’m kinda clueless on that.

  3. April 4, 2010 11:24 PM

    Vira, tante bole ngiciiiipppp doooongg …

  4. April 4, 2010 11:33 PM

    Oh interesting, resepmu pakai bawang dan jamur… hasil resep ini harus langsung dikonsumsi-kah?

    Biasanya kalo gue bikin sugo di pomodoro cuma pake garlic, tomat, olive oil + basil leaves – but that’s because I bottle my sugo for later use dan gue paranoid the onions + mushrooms will spoil the sugo.

    • Chandra Marsono permalink*
      April 4, 2010 11:45 PM

      Pakai jamur karena suka aja (I love shrooms, the non-hallucinogen ones of course).

      Yup, ini untuk langsung dimakan, bukan untuk di keep. Rasa bawang bisa bikin pahit kalau kelamaan. Aku pake bawang karena pakai tomat organik lokal yang seperti Indi bilang, rada asam. Makanya ada bawang, gula dan lemon in the mix untuk neutralize asemnya and give it a little punch.

  5. April 5, 2010 8:34 AM

    Sama dengan Yasmina, saya kalau bikin sugo juga tomat+garlic+basil or kalau pakai bawang bombai nga pake garlic. Soalnya di Italy, kebanyakan orang masih rada strict sama sugo di pomodoro ini, kadang bisa sewot kalau bawang bombai dicampur ama garlic, kalau garlic ya garlic aja dan kalau pakai bawang bombai ya bawang bombai aja🙂

    Then, did you use kemangi or basil leaves? They are different.I tried once to use kemangi to make pasta sauce, but tasted so funny, terus aku cari info, ternyata italian basil comes from sweet basil family, sedangkan kemangi dari lemon basil family, yang rasa dan smell nya beda karena mengandung citral.

    Anyway, it is a nice blog!
    Salam kenal🙂

    • Chandra Marsono permalink*
      April 5, 2010 8:47 AM

      Salam kenal Eva. Iya, orang Italia bener-bener protektif kalo soal bumbu. Pernah waktu itu nonton Jamie Oliver yang sewaktu di Itali masak ikan, orang Itali kalau masak ikan gak dibumbuin, pas lihat Jamie masak dikasih bumbu pada sewot. It’s like trying to talk English to a French man in France.

      Tomat di Indonesia dan Italy beda loh, disana gak asem dan berair banget kayak tomat lokal. Bawang bombay aku pake supaya sedikit caramelized dan ngeluarin rasa manis. Basil disini susaaaaaah nyarinya. Adanya yang sudah kering atau powder, harganya bisa bikin dipelototin menteri keuangan (istri). So I went to the closest thing. Kadang suka nakal dan pakai sedikit worchester sauce malah, hehehe…

      So far rasanya sih enak in my point of view, mungkin perlu dikasih nama “Asian Pomodoro” atau “Pomodoro Betawi”, hehe😀

  6. Februari 3, 2012 2:48 PM

    Gimana sih cara buat bikin saus pasta yg basic aja tapi buat di simpan beberapa hari, dan cara menyimpan dan menyajikannya kembali bagaimana ya?

    Terimakasih ya.

    • Chandra Marsono permalink*
      Februari 4, 2012 7:03 PM

      Saus pasta pomodoro ini adalah sausa pasta tomat yang paling basic. Lebih basic lagi ya cuman pasta di kasih olive oil dan potongan chives atau peterseli/seledri.

      Kalau ingin menyimpan saus, pastikan kekentalan saus cukup kental, karena menghangatkan saus tomat tidak sekedar menaruhnya diatas panci dan dihangatkan, tapi butuh tambahan sedikit air agar tidak terbakar. Hope it helps😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: