Skip to content

British Style Fish & Chips

Maret 28, 2010

Sekitar satu bulan yang lalu saya iseng main di google maps, lihat-lihat rumah dan sekolah saya sewaktu kecil tinggal di Leicester. Diantara jalan yang saya tempuh dari rumah ke sekolah terdapat Elms Road, selalu terbayang makan fish & chips di kedai situ kalau pulang sekolah di Overdale. Duh kok jadi pengen.

Fish & chips dengan kulit yang tipis dan renyah dan daging ikan yang empuk dan panas di dalamnya, lengkap dengan potongan kentang besar (chips) dan disajikan diatas kertas koran. Mau?

Yuk kita buat!

Bahan-bahan:

  • 2 fillet ikan cod, haddock atau ikan putih lainnya
  • 4 buah kentang
  • 1 buah lemon/jeruk nipis
  • 140 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung maizena
  • 1 butir telur
  • 1 sdt baking soda (soda kue)
  • 1 sdt garam
  • 250 ml ginger ale

Let’s get cooking!

Memasak fish & chips harus cepat, karena cocoknya dinikmati saat panas. Sebaiknya anda menyiapkan 2 deep fryer untuk memasak.

Pertama kita buat adonan pelapisnya atau batter. Siapkan 2 mangkok. Isi mangkok pertama dengan 140 gr tepung terigu, 50 gr tepung maizena, baking soda dan garam. Aduk merata. Tuangkan 250 ml ginger ale dan telur pada mangkok kedua. Kocok hingga keduanya merata, lalu perlahan campurkan dengan isi mangkok pertama. Aduk hingga tidak ada gumpalan dan batter menjadi kental. Tambahakan tepung jika anda merasa kurang kental, cuma harus diingat bahwa batter fish & chips tidak harus terlalu kental, kita bikin kulit yang crispy light, bukan kulit nugget.

Memasak Ikan
Siapkan ikan putih anda (cod, haddock, kakap merah, dll). Anda bisa membeli yang sudah menjadi fillet di supermarket atau meminta petugas supermarket besar untuk memotongnya. Pastikan tidak ada tulang yang tersisa, lalu potong sesuai dengan ukuran yang anda inginkan (atau sebesar ukuran deep fryer anda). Peras sedikit saja lemon atau jeruk nipis diatas ikan, diamkan sebentar (sembari menunggu, siapkan chips dibawah).

Setelah jeruk meresap, taruh ikan diatas koran atau kitchen towel, tutup lalu tekan sedikit. Kita buang sebanyak mungkin cairan dalam daging ikan agar tak terlalu basah.

Panaskan minyak dalam deep fryer, atau gunakan panci kecil dan isi dengan minyak 2/5 dari volumenya. Pastikan minyak sudah panas dengan meneteskan sedikit adonan. Jika langsung kering, minyak siap.

Celupkan ikan dalam adonan, lalu segera masukkan dalam deep fryer. Angkat segera saat kulit ikan mulai kecoklatan. Biasanya cuma membutuhkan waktu 1 menit dalam fryer.  Angkat dan tiriskan hingga minyak sat. Fish is ready!

Memasak Chips
Kupas kentang, lalu potong besar-besar seperti serpihan kayu (wood chips), atau satu kentang ukuran lokal bisa menjadi 8-10 chips. Deep fry selama 4-5 menit, angkat dan tiriskan. Letakkan pada kertas koran atau paper towel agar minyak terserap dari kentang sehingga tidak lemes dan crispy. Segera taburkan garam diatasnya sebelum minyaknya kering. Chips siap sebagai garnish, yay!

Cocoknya sih fish & chips dimakan diatas koran, karena menyerap minyak sehingga makanan lebih lama crispynya. Agar sesuai dengan tema “British”, saus pelengkap untuk dimakan bersama fish & chips adalah vinegar atau cuka, tapi oke juga kok untuk makan dengan mayonaise atau tartar sauce sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan orang. The choice is up to you. Aku sih lebih enaknya dipakein jeruk lemon dan sambel, hehehehe, endonesah banget dah.

Selamat mencoba🙂

 

Saksikan Resep Video Happy Tummy:

12 Komentar leave one →
  1. Maret 28, 2010 10:13 PM

    wowww, ternyata om chandra chef toh..Hebat!!! Suka blognya..suka resep2nya🙂

  2. daus permalink
    Maret 28, 2010 10:14 PM

    skalian resep tartar saucenya dunk🙂

    • Chandra Marsono permalink*
      Maret 28, 2010 10:22 PM

      Kayak istri gue aja minta dibuatin tartar sauce. Fish & chips harusnya dinikmati dengan garam dan vinegar (cuka) saja biar lebih keluar rasa ikannya. Karena banyak demandnya, ntar gue posting kalau sempet.

  3. Maret 28, 2010 10:18 PM

    ican, resep loe bikin ngilerrr deh..

  4. Tami permalink
    Maret 29, 2010 3:23 PM

    akhirnya keluar juga resep ini. weekend besok coba buat ah dirumah. thanks so much mas Chandra ^_^

  5. Dani permalink
    Maret 29, 2010 3:44 PM

    Mantap nih, kapan kita-kita dibuatin? Enak mana nih sama fish & chips di fish & co?

    • Chandra Marsono permalink*
      Maret 30, 2010 10:04 AM

      Belum pernah nyobain fish & chips yang di fish&co, coba deh kamu traktir aku dulu supaya aku bisa kasih pendapat mana yang lebih enak secara imbang, hehehehe… :p

  6. Maret 30, 2010 10:12 AM

    looks really good! pesen dong

  7. Agus Haryadi permalink
    Maret 30, 2010 8:34 PM

    thnks berat, dah lama cari resep fish and chips yang british punya. cuka untuk makannya cari dimana ya? thnks b4.

    • Chandra Marsono permalink*
      Maret 31, 2010 4:00 PM

      Susah juga cari cuka untuk makan fish and chips, karena cuka yang digunakan dan pas rasanya adalah cuka yang dibuat dari “malt” (malt teh apa ya’ Indonesianya??). Untuk jenis-jenis vinegar bisa dilihat di wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Vinegar

      Aku biasanya cuka masak (yang putih) campur sedikit gula Jawa dan lemon. Rasanya cukup enak, walau beda dengan malt vinegar.

      • Agus Haryadi permalink
        Maret 31, 2010 4:03 PM

        thnks, sy coba bikin di rmh. mo minta istri masakin weekend ini.

  8. Tami permalink
    April 6, 2010 1:37 PM

    katanya mo posting tartar sauce, kok belum? hehehehehe *maksa*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: