Skip to content

Balada Mencari Bumbu Pengganti Bir

Maret 23, 2010

Mencari fish & chips yang sama seperti di Inggris memang susah di Jakarta. Semua restoran yang punya hidangan fish & chips ternyata menghidangkan fish nuggets & french fries, ikan yang dibalur tepung yang biasa digunakan untuk membuat nugget (kering dan penuh breadcrumbs/tepung roti) serta kentang tipis.

Jadi apa sih perbedaannya?
Fish & Chips versi Inggris itu berkulit tipis nan crispy, daging ikannya panas ngebul dan lembut, serta kentang yang yang dipotong besar-besar (makanya namanya chips, yang artinya potongan: e.g. chips of wood). Akhirnya ketemu juga kedai fish & chips yang enak dan persis di daerah Kemang, tapi kita kudu rogoh kocek dalam-dalam karena mahal seporsinya.

Jadi mulailah saya menggali di Internet untuk resepnya. Setelah ketemu, ternyata…eng-ing-eng… salah satu bagian dari resepnya adalah bir. Yup, bir minuman beralkohol. Wah, sejak tobat dah nggak minum nih, dan menurut uztad haram untuk dimasak sekalipun.

But I want that fish & chips!! Ya sut, mulailah bereksperimen di dapur mencari resep yang tepat untuk menggantikan bir sebagai salah satu bumbu penting dalam resep. Mulailah dengan hunting minuman yang mengandung malt atau barley tapi yang tidak beralkohol. Susaaaah, di farmers market pun sampai Korean supermarket nggak ketemu.

So think, apa ya yang bisa menggantikan rasa bir? Tapi yang penting disini rasa bir apa konsistensi bir? Sebagain manusia yang secara jujur tahu rasa bir (dah tobat loh), saya rasa saya bisa kok membuat penggantinya.

Yang terpikir adalah cuka atau sour cream (semacam yoghurt) ditambah kaldu ayam sebagai penggurih. Dalam percobaan pembuatan ternyata gagal. Hasil batter nggak sempurna. Ternyata yang penting adalah konsistensi dari bir, jadi gue coba alternatif yang halal terdekat: Ginger Ale. Ada juga yang menyarankan greensands, tapi karena belum jelas statusnya jadi ya pass.

Setelah mecoba ginger ale, ternyata hasilnya pas. Ginger ale yang terbuat dari ekstrak malt/yeast (bukan fermentasi) cukup halal untuk dikonsumsi dan bisa menggantikan bir sebagai adonan fish & chips.

Untuk resep fish & chips, sabar tunggu postingan berikutnya ya. Fotonya belum ada. Hopefully after this weekend akan saya posting. Untuk sementara silahkan kasih tips jika kiranya anda punya substitusi yang lebih baik untuk bir daripada ginger ale.๐Ÿ™‚

6 Komentar leave one →
  1. Maret 23, 2010 4:43 PM

    Sip deh, ditunggu resep fish & chips halalnya. Pasti enak๐Ÿ˜‰

  2. masindi permalink
    Maret 28, 2010 4:59 PM

    kok gak pake non-alcoholic beer?

    • Chandra Marsono permalink*
      Maret 28, 2010 7:56 PM

      Non alcoholic beer di Indonesia tidak ada yang yang memiliki stempel halal dan tidak mudah ditemukan seperti di luar negeri.

  3. Nabila Amir permalink
    Januari 26, 2012 2:27 PM

    Telat ga sih kalau saya reply baru sekarang? Hehe gpp yah , setau saya ada orang yang pakai sparkling water atau air soda untuk pembuatan fish n chips, ngomong2 makasih ya resep chicken pot pie nya, isinya bisa dimakan jadi cream soup :p

  4. Juli 17, 2013 3:41 PM

    yup, dibanding pake chicken/beef/mushroom broth, paling “dekat” rasanya pakai ginger ale๐Ÿ™‚

  5. Februari 6, 2016 3:47 PM

    Anda memang cerdik..siapapun anda. Salut deh buat mu seorang..yeah! Ginger ale tentu lbh dekat pengganti beer. Aq juga ingin coba agar f&c mengembang dan crispy..thank you so much

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: