Skip to content

Agar-Agar Warna-Warni 3 Lapis

Januari 8, 2010

Tampang-tampang kelaperan.

Gak ada resep disini, bikin agar-agar sesuai dengan petunjuk dibelakang sachet. Tapi lama-lama kok anakku bosen dengan agar-agar biasa, walau sudah dicetak dalam banyak bentuk. Anak-anak sekarang memang cepat bosan.

Suatu hari saat ada keponakan-keponakan pada nginep dirumah aku tanya:
“Om mau bikin ager-ager nih, ada strawberry ama grape, mau rasa apa?”
“Strawberry!!”
“Grape!!”

Wah bingung, pada punya pilihan sendiri-sendiri. Setelah dipikir-pikir, buat aja deh dua-duanya dan bikin jadi satu agar-agar yang menarik. Jadilah agar-agar 3 lapis yang pertama waktu itu.

3 Lapis? Bukannya cuma 2 rasa tadi?
Well, untuk lapisan ke-3 itu adalah rasa lapisan pertama dikasih susu, hehehe… Simple kan?

Kalau dari gambar percobaan pertama warna strawberrynya kurang nonjol, kalo yang diatas jello susunya malah gak keliatan (karena paling bawah).

Cara bikinnya? Nah kalo ini butuh bahan-bahan:

  • 2 sachet agar-agar beda rasa
  • 1 cangkir susu putih
  • 2 cetakan agar/kue
  • 1 baskom
  • 2 plastik es batu (beli di warung).

Note: Jumlah plastik es bisa lebih, tergantung besar baskom.

Masak kedua agar dalam 2 panci yang berbeda (ya biar gak nyampur lah rasanya) dengan interval 5 menit setelah yang pertama mulai dimasak. Pecahkan esbatu dan tebarkan dalam baskom, tambahkan garam satu sendok pada es, dan air jika perlu. Taruh cetakan agar/kue dalamnya. Tuangkan warna pertama kedalam cetakan sebanyak 1/3, dan 1/3 pada cetakan kedua, lalu tambahkan susu pada sisa 1/3 dalam panci.

Biarkan es mendinginkan agar-agar dalam cetakan, tak perlu menunggu terlalu lama (keburu yang di panci keras nanti), yang penting sudah gak begitu cair kalo di towel pake jari. Lalu masukkan sisa 1/3 yang sudah dicampur susu secara merata ke kedua cetakan.

Jika konsistensi pertama sudah rada keras, masukkan agar-agar warna kedua, diikuti dengan warna ketiga (agar-agar pertama plus susu) setelah konsistensi agar-agar lapisan kedua sudah mengeras. secara merata ke kedua cetakan. Dinginkan dalam lemari es selama 30 menit dan agar-agar 3 lapis siap dihidangkan.

Jika anda mau, tambahkan buah-buahan dalam agar-agar sesuai selera. Hidangkan dengan fla, eskrim, atau cukup dihidangkan begitu saja. Warnanya akan membuat anak-anak bersemangat.

Selamat mencoba!

4 Komentar leave one →
  1. Januari 18, 2010 1:39 PM

    es batu nya buat apa ya mas? Kalo bikin agar2 satu rasa saya gak pernah pake es batu

    • Chandra Marsono permalink*
      Januari 20, 2010 8:08 PM

      …Biarkan es mendinginkan agar-agar dalam cetakan…

      Agar-agar cepat keras kalau dingin, jadi ya lapisan pertama cetakannya dimasukin ke baskom isi es, biar cepat keras, sehingga saat dimasukkan lapisan kedua tidak tercampur aduk dengan lapisan pertama.:-)

  2. Tami permalink
    Januari 19, 2010 3:24 PM

    mata mereka itu semua, ha3x memang mupeng semua. pasti asik makan ager2 warnawarni begitu.

  3. Februari 5, 2010 4:01 AM

    Wow fotonya keren banget… 3 pasang mata yang serasa bicara dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: