Skip to content

Home Made Onion Rings

Januari 4, 2010
Grilled Chicken & Onion RingsRencananya mau bikin mash potato semalam untuk side dish ayam panggang, eh kok masih ada 2 bawang bombay di kulkas. Satu baru kepake 1/2, satunya lagi masih utuh. Belinya dah seminggu yang lalu, dari pada kisrut dan gak kepake, bikin onion rings deh.

Bahan-bahan serta cara membuatnya cukup simple kok, dan membuatnya juga tidak terlalu lama, tapi kudu rela sedikit blepotan tangannya.

Oke mari kita siapkan yang kita butuhkan.

Bahan-bahan:

  • 4 sdm tepung maizena
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 paket remah roti (breadcrumbs)
  • 1 gelas air panas

Let’s get cooking!!

Campur tepung maizena dengan air panas dalam mangkok kecil. Tepung maizena adalah tepung yang amat sangat cepat menjadi lengket dan keras, jadi jangan khawatir jika ngasih kebanyakan air, nanti dia akan mengental dan lengket Making Onion Ringsdengan sendirinya. Siapkan remah roti dalam satu wadah tersendiri.

Potong bawang bombai dari samping sehingga bentuk tetap bulat. Iris besar-besar dan pisahkan tiap lapisan. satu lapisan bisa menjadi 1 onion ring sendiri. Pastikan irisan tidak terlalu tipis karena saat digoreng bawang akan melemah kekuatannya sehingga tidak patah.

Celupkan potongan bawang ke adonan maizena dan gulingkan dalam remah roti. Lakukan hingga semua irisan bawang habis. Yup, use your hands and get dirty.

Panaskan 50-100ml atau lebih minyak dalam penggorengan (tergantung ukuran penggorengan). Usahakan tinggi minyak cukup untuk mencelup 1/2 dari ketinggian irisan bawang. Gunakan sumpit kayu untuk memasak agar onion ring tidak hancur saat dibalik.

Kecilkan api lalu masukkan onion ring kedalam minyak panas, 1 menit tiap sisinya. Angkat saat warna sudah kecoklatan. Jangan dimasak terlalu lama. Keringkan minyak, tidak perlu menggunakan kitchen paper atau koran karena tepung maizena cukup bagus untuk menolak resapan minyak sehingga onion ring cepat kering.

Making Onion Rings Making Onion Rings

Mantap untuk jadi side dish atau sebagai snack. Selamat mencobađŸ˜€

10 Komentar leave one →
  1. Januari 4, 2010 1:49 PM

    ternyata gampang bgt ya kak. tp lg ga pny stok bread crump ni. adanya tepung roti yg halus :p

  2. Januari 4, 2010 3:15 PM

    makasi Mas CM, tapi hehehe.. masaknya satu-persatu ya.. ini mah musti sabar bin tekun.. mudah2an ogud bisa niru ketabahan Mas CM ini..sekali lagi makasi resepnya yaa..

  3. Chandra Marsonoâ„¢ permalink*
    Januari 5, 2010 7:45 AM

    @Ncis: Bread crumbs banyak kok di supermarket, ada yg merk Kobe atau yang kaluaran Hero. Gak susah nyarinya.@Budhe Kiki: Bisa sih langsung dimasukin semua, tapi ya nempel semua, tepung soalnya hehehehe…

  4. Januari 6, 2010 10:39 AM

    jadi remah roti gak bisa diganti dengan tepung roti ya mas?

  5. Januari 6, 2010 11:54 AM

    Remah roti sama tepung roti mah sama atuh neng ;-D

  6. Januari 7, 2010 6:42 PM

    Tadi pagi suami juga bikin onion ring, tapi pake red onion, bukan bawang bombay. Dan batter nya ditambah curry powder and paprika powder, biar agak hot. Cuma tadi nggak pake bread crumps, jadi kurang crispy. I'll remember that next time we make this dishđŸ˜€. Thanks for the recipe!

    • Agus Haryadi permalink
      Maret 31, 2010 4:05 PM

      red onion itu shallots? bawang merah? kecil dong mbak, bisa ya bikin kecil-kecil?

  7. Januari 8, 2010 9:06 AM

    Wah belum pernah tuh nyobain pake bawang merah besar, jarang sih di supermarket, tapi pasti rasanya jadi gurih. Boleh juga tuh coba pake curry powder, thanks for the input.

  8. Desember 11, 2010 1:51 AM

    Ngiler tengah malam…đŸ™‚

    • Chandra Marsono permalink*
      Desember 14, 2010 3:51 PM

      *kasih tisue*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: