Skip to content

Rawon Gitu Loh!

Juli 13, 2007

Ya, ini namanya Rawon Gitu Loh.

Heran, kok orang-orang pada sangsi ya kalo aku bilang gue bisa masak Rawon. Ini salah satu makanan kesukaanku, pastilah hunting resepnya dari dahulu kala biar bisa bikin sendiri.

Waktu di Belanda sempet jualan Rawon pas hari minggu saat ada free market di pinggir canal Oudergracht, Utrecht. Gak selaku kalo jualan sate, cuman masih lumayan laku.

So, inilah resep Rawon anak kost, namanya ya: Rawon Gitu Loh!
Yuk kita buat!

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg daging sandung lamur (itu tuh yg ada urat empuknya) potong kotak.
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 1 btg serai (kata nyak gue: Sereh), gepengin
  • 1 ruas laos, gepengin juga
  • 1 ruas kunyit, jangan digepengin (hehehe)
  • 1 ruas jahe
  • 100gr daging kluwek
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Toge yang banyak
  • 2 buah Tomat (kalau suka)

    Ok… Let’s get cooking!!

    1. Masukin daging dalam air mendidih dan rebus sampai daging bener empuk (pake baking soda dikit juga ok!). Tambahkan garam dan merica secukupnya.
    2. Kalau daging udah keliatan empuk, tumis bumbu halus sampai aduhai (wangi) lalu masukkan ke dalam rebusan daging.
    3. Masukkan daun jeruk, daun salam, laos dan serai.
    4. Masak sampai matang.
    5. Hidangkan bersama Toge, sambel, telur bebek (kalau ada), dan tomat. Jeruk nipis juga ok. Kalo gue kadang-kadang suka makannya pake Timun…ga nyambung ya
      😉

    Enjoy.

    No comments yet

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: