Skip to content

Chandra-Fornia Roll Sushi

Januari 10, 2007
Gue dulu belajar bikin sushi dari nonton “Party Planner with David Tutera” di Discovery TnL. Gampang-gampang susah, sebetulnya yang paling susah tuh cari bahannya karena gak bakalan dapet deh di pasar, apalagi kalo cari wasabi…
Sebagai maniak sushi, ya gue akhirnya coba, dan pertama kali buat sushi, gue buat California Roll (emang cuma bisa bikin ini sih). Tapi karena wasabi ga’ nemu (bisa bikin sih, tapi ya males cari resepnya) ya gue akhirnya pake sambel uleg buat gantinya (sumpe). Akhirnya lahirlah “Chandra-Fornia Roll”, sushi dengan rasa sambel uleg.😀
Jadi, kalo loe sushi freak kaya’ gue dan mau coba bikin sendiri. Oh ya, California roll tuh kulitnya (nori) didalem, tapi daripada sulit, gue bikinnya kulit diluar.

Bahan-bahan:
  1. Tatami Rolling Mat, macam tiker bambu kecil buat ne-roll sushi. Gue dulu dapetnya di mall BSD (jauh banget carinya yak).
  2. Lembaran Rumput laut atau biasa disebut Nori. Ini juga susah carinya, coba di Diamond Kelapa Gading. Bukan yang kecil dan gampang patah ya, tapi yg gede khusus sushi. Butuh sekitar 5 lembar lebih-lah untuk 40 sushi.
  3. 1-2 buah Alpukat. Namanya juga jiplakan California Roll, jadi ya kudu musti harus must pake alpukat. Iris panjang-panjang kaya’ french fries.
  4. 200 gram daging kepiting olahan. Ini gampang dicari, bentuknya panjang kecil2, atas merah dan bawahnya putih. 200g tuh sekitar satu boksnya.
  5. 50 gram salmon. Iris tipiiiiiis tipiiiiiis…. You need a good ginsu knife. Kalo males ya potong persegi panjang kecil-kecil, tapi salmonnya tentu lebih banyak dari 50 gram.
  6. 1-2 buah mentimun. Iris kotak persegi panjang.
  7. Mayonaise. Secukupnya.
  8. Wasabi/mustard/sambal uleg/sambal terasi. Optional, secukupnya.
  9. Sepiring Nasi. Ya ukuran kuli kalo makan lah, nasi sepiring tapi banyak gitu.
  10. Biji Wijen. Hampir lupa. Ini secukupnya aja. Hati-hati, banyak orang yang alergi sama biji wijen.

Let’s get rolling!!

  1. Ok, pertama loe musti cuci tangan sampai bersih. Setelah itu siapin satu gelas air dan campur sama sedikit cuka. Ini buat ngebikin jari ga nempel sama Nori. Sumpah Nori tuh lengket abis…. Oh ya, usahakan hanya menggunakan jari saja untuk membuat sushi.
  2. Siapkan Tatami, celupin jarimu (bukan tangan ya) dalam air cuka tadi dan taruh selembar Nori diatasnya.
  3. Taruh nasi diatasnya, tebalnya kira-kira 1.5 cm, sepanjang nori tapi lebarnya cukup 5/6 dari Nori. Bagian atas nori (yang 1/6) jangan sampai kena nasi. Itu buat nutup. Jangan terlalu diteken, pelan-pelan aja, kaya’ mijetin. Jangan sampai Norinya rusak.
  4. Taruh irisan alpukat, timun, daging kepiting dan salmon pada 1/2 bagian dari nasi.
  5. Oleskan mayonaise dan wasabi/sambel pada 1/2 bagian sisi dari nasi lagi.
  6. Ok, let’s start rolling!
  7. Pelan-pelan, ambil sisi yang penuh dengan macam-macam isi (timun, kepiting, salmon, alpukat) dan gulingkan dengan tatami ke arah yang ada mayonaisenya. Lalu Roll lagi sampai ke Nori yang ga kena nasi. Berikan air plus vinegar tadi ke sisi nori yg tidak kena nasi sebagai lem, dan rekatkan. Ini agak susah, jadi tolong lihat gambar di paling bawah.
  8. Kalau sukses, satu roll bisa jadi 8 potong, jadi kalo 5 lembar nori bisa jadi 40.
  9. Ok, happy eating. Sushi juga enak kalo dimakan dengan cuka hitam.

Click gambarnya biar kelihatan full sizenya… kecil ya tulisannya.🙂

One Comment leave one →
  1. Mei 6, 2008 4:18 PM

    Artikel di blog ini menarik. Salam Blogger!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: