Skip to content

Cumi Goreng Saos Mentega

Oktober 20, 2006

Agak takut membuat masakan ini sebenarnya, karena sejujurnya, gue belum pernah sekalipun mencoba bikin masakan apa-pun dengan embel-embel “Saos Mentega”.

Selain itu, gue hobi banget makan ayam goreng mentega atau cumi mentega, takut aja kalo masak dan gagal, seakan men-disgrace makanan favorit gue. Tapi akhirnya gue harus mencoba juga, dan semua pake gut-feeling aja. Sumpah, gue main tebak aja resepnya. Pokoknya harus pake mentega, ada rasa tomat dan kecap, dan sausnya harus kental. Cuma itu aja yg diotak gue. Jika ada yg tau biar lebih mantap lagi hasilnya, please taruh di comment ya.

Aku ga sempet nakar, jadi aku taruh aja bahannya dibawah dengan perkiraan gue aja ok!

  1. 1 1/2 kg cumi, kupas (disikat biar bersih) dan di potong potong sedang.
  2. 4 sdm saus tiram
  3. 4 sdm saus tomat
  4. 3 sdm Kecap
  5. 1/2 dari bungkus mentega (ga tau tuh berapa, pokoknya blue band baru, gue pake 1/2nya)
  6. 2 mangkok air panas + kaldu ayam
  7. 1 tomat, iris tipis
  8. 2 sdm tepung maizena
  9. 1 ikat slada (buat garnish)
  10. 1 timun (buat garnish)
  11. Lada Putih secukupnya
  12. Bawang putih secukupnya, dihaluskan
  13. Minyak goreng yg banyak
  14. Wok yang gede

Yak, pake clemek baru, dan mulailah memasak!!

  1. Panaskan wok dan masukkan minyak (kurang lebih 1/2 dari botol)
  2. Sebelum di goreng, pastikan cumi lumayan kering. Jangan habis dicuci trus dimasukin, taruh diatas kertas koran dan biarkan 30 menit supaya semua liquid keluar, Sayang minyaknya kalo banyak air.
  3. Ok, goreng tuh cumi sampai agak bengkok sedikit (cumi kalo digoreng kan bengkok tuh). Jangan terlalu lama biar tidak kenyal. Angkat dan tiriskan.
  4. Masukkan mentega dan 1 sdm minyak bekas goreng cumi tadi, masukkan bawang putih yg sudah halus bersama semua tomat.
  5. Masukkan langsung 1 sm minyak wijen, semua saos tomat, saos tiram dan kecap dan langsung tambahkan air berkaldu. Didihkan.
  6. Masukkan tepung maizena, dan aduk hingga kental.
  7. Masukkan cumi dan biarkan boil untuk 1-2 menit (sampai kamu merasa bumbu nyerap lah).
  8. Angkat, hidangkan dengan garnish.

OK, ternyata waktu aku hidangankan, lumayan enak kok. Habis diserbu, rasanya ga jauh beda sama yg beli. Mungkin kurang arak putih? Who knows. I’m open to suggestions.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: