Skip to content

Mie Bola Pake Kuah

Agustus 2, 2006

Resep ini ditemukan pada tengah malam di dapur kost seorang mahasiswa muda penuh karisma (ehm) yang kelaperan karena lupa makan akibat dari terlalu serius ngegambar komik buat pe-er illustrasi.
Sayang sekali yang ia temukan hanya mie instan. Bosan oleh mie tersebut, “Bimsalabim” (que sound effect) terciptalah sebuah resep baru yang melegendaris di kalangan rumah kost di sekitar Dago atas, Bandung.

Yang dikau butuhkan:

  1. 2 Bungkus mie instant, direbus tanpa bumbu
  2. 2 sdm tepung sagu
  3. 1 sdt garam
  4. 1 lembar daun bawang iris tipis-tipis

Untuk Kuahnya:

  1. 3 siung bawang putih, dicacah halus
  2. 1 ruas jahe (jika ada)
  3. 3 sdm minyak goreng atau 1 sdm mentega
  4. 1 liter kaldu ayam (kalo punya) atau 1 liter air campur royco ayam sekitar 3 genggam (gimana tuh ngitungnya… gue kebiasaan pake genggam)
  5. 1 sdt merica bubuk (kalo mau)
  6. 2 sdt kecap asin atau saus kerang. Kalo ngga’ punya, campur 1 sendok makan kecap dengan 1 cangkir air diatas kompor. Campur garam 2 sdt. Kurang lebih rasanya sama.
  7. 2 sdt minyak wijen. Kalo anak kost pasti kaga punya deh. Sorry, gue belum nemu cara lain menduplikasi rasa minyak wijen. Kalo ngga’ punya ya ngga’ usah pake.😀
  8. 1 sdm gula pasir
  9. Bawang goreng. Kalo mie instantnya mie goreng pasti ada bawang goreng palsunya, pake aja itu.

Gile, panjang amat ya kebutuhannya, atau gue emang ceriwis. Oke deh…

Let’s start Cooking!!:

  1. Campurkan mie (yang udah direbus) dengan tepung sagu, garam, dan irisan daun bawang (jangan pakai semua). Aduk pelan-pelan sampai rata, jangan sampai mie-nya hancur.
  2. Loe ambil deh mie sejumput, trus loe kepal-kepal biar jadi bola. Kalo loe ada lauk bekas, loe boleh taruh di dalam bola tersebut.
  3. Nah sekarang, siapin panci. Pertama kasih minyak dan loe tumis deh tuh bawang putih dan jahe sampai harum. Masukin kaldu ayam (atau air kasih royco), tambahin garam, merica kecap asin dan semuanya yang buat kuah gue tulis diatas. Kalo udah mendidih, kecilin apinya.
  4. Masukin bola-bola mie dan masukkan sisa irisan daun bawang. Tutup panci dan masak selama kurang lebih… 3-4 menit. Awas jangan sampai lodoh mienya.
  5. Kalo udah… ya dimakan dong, masa’ diliatin doang. Jangan lupa kasih bawang goreng.
  6. Enjoy!

BONUS!!! BONUS!!!

Biar lebih interesting, resep ini bisa diupgrade menjadi “Mie Bola Kencing Pake Kuah”. Agak lebih mahal sih, tapi dijamin seru. Lumayan buat bikin ngakak pas makan. Upgrade ini terinspirasi oleh Stephen Chow. Loe butuh udang 1 ons, dan 4 sdm air jeruk nipis.

  1. Blender udang dan rebus dalam 500ml air
  2. Campurkan air jeruk nipis.
  3. Masukkan dalam loyang, dan taruh di freezer sampai beku.
  4. Potong-potong jadi dadu dan masukkan ke dalam adonan mie dan tepung sagu. Pastikan tidak ada yang bocor pada kulit mie.

Dijamin, pas loe gigit bola mienya, loe bakal ngerasain cipratan rasa udang dan jeruk nipis… kaya nano-nano gitu. Either its delicious and fun atau ntar berfikir “Sialan, gue ditipu Chandra”

One Comment leave one →
  1. September 29, 2009 8:51 PM

    Resepnya..yummy bgt, boleh nyontek ya,om?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: