Lanjut ke konten

Tahu Goreng Saus Sambal Pedas

April 6, 2013

Walau sedang tepar sakit dirumah, di siang hari pun seorang yang sakit harus makan. Dan di hari kerja itu selain tidak ada makanan yang sudah disiapkan, ternyata isi kulkas hampir kosong, ga’ ada sayur atau daging, cuma menemukan sebalok tahu telur, 1 butir telur, daun bawang, tomat, dan beberapa tepung cepat saji. Waduh.  Mau ke supermarketpun ga sanggup lagi lemes gini. Emergency Recipe time!! Bahan-bahan:

  • 1 balok tahu telur, potong tipis menjadi 12 lempeng
  • 2 batang daun bawang, iris tipis-tipis
  • 1 buah tomat, keluarkan isinya, potong menjadi beberapa bagian dan keprek
  • 2-3 buah cabai, potong kecil-kecil.
  • 1 buah telur
  • 2 sendok tepung Kentucky serbaguna Sasa
  • 1 sendok minyak ikan
  • 1 sendok saus tiram
  • 2 sendok teh saos sambal (saya pakai 2 sachet sambal sisa fastfood)
  • 1/2 gelas air

Let’s get Cooking!!

Sebelum kita mulai, karena ini semua bahan sisa nemu di lemari es, jadi ya boleh tambah ini itu biar lebih ciamik, seperti udang, jamur atau lainnya bila ada.

Ok, pertama taruh dua sendok teh tepung Kentucky serbaguna Sasa pada piring, lalu satu-persatu masukkan irisan tahu dan sisihkan. gak perlu terlalu banyak. Siapkan penggorengan dan isi dengan minyak secukupnya, tak perlu terlalu banyak, asal cukup merendam irisan tahu. Panaskan hingga minyak mendidih. Goreng tahu 4 irisan sekali goreng. Ini agar temperatur minyak terjaga dan tahu matang merata. Goreng semua tahu, tiriskan dan sishkan dulu.

Kurangi jumlah minyak dalam pengorengan hingga sedikit saja serta kecilkan api kompor. Masukkan irisan tomat dan daun bawang. Oseng sebentar lalu masukkan irisan cabai dan oseng hingga semua layu. Masukkan saus tiram, minyak ikan, serta saus sambal.

Campur sisa tepung Kentucky kedalam 1/4 air, aduk, lalu masukkan dalam penggorengan. Aduk hingga merata. Masukkan telur, dan kocok di dalam penggorengan hingga saus kental.

Atur tahu goreng dalam piring, lalu tuangkan saus diatasnya. Rasanya mantap cuy, apalagi dengan nasi panas. Bon apetit.

License to Post Pictures

September 13, 2012

“PING”
Notifikasi blackberry berbunyi, ada mention baru di twitter. Ternyata sepupu ipar gw Ary yang tweet: ” Mau dong sate Marangginya”. Kayaknya dah lama gak mampir ke Purwakarta, jadi saya jawab aja “Yuk ke Purwakarta, kapan?”

Sesampai di kantor dan tweetdeck nyala, baru ngeh ada link ke halaman di blog milik rajakamar.com, dimana 2 foto saya mengenai sate Maranggi terpampang. Loh, kapan minta izinnya?? Walaupun foto-foto tersebut saya lisensi Creative Common, tapi bukannya pasang tanpa izin. Terlebih blog tersebut milik sebuah brand, dimana blog tersebut menjadi supporting media brand, creative common sudah tidak berlaku.

Tak lama pun beberapa teman di social media mulai menanyakan, saya sih tenang aja. Saya bilang mau negur dulu pihak rajakamar.com mengenai hal tersebut, soalnya kita juga gak pelit-pelit amat kok, beberapa media dan individu dalam dan luar negeri pernah memakai foto saya untuk komersil dan saya berikan karena mereka mengirimkan surat permintaan izin via email atau paling mudah via facebook mail message.

Akhirnya setelah @pitra menegur pihak rajakamar.com, barulah mereka merespon via twitter dengan permohonan maaf, tak lama kemudian halaman tersebut dihapus dari blog mereka.

The lesson is simple, walau Creative Commons saya sebisa mungkin menghubungi saya untuk meminta izin atau memberi tahu bahwa akan menggunakan foto saya dimana. Kalau sesuai dengan creative commons bisa pasang dengan ketentuan yang ada (lihat disini). Walau blog, saya gak mau juga kalau foto saya di tempel pada artikel yang tidak sesuai atau bertentangan dengan integritas, kepercayaan atau etika yang saya pegang teguh.

Tupperware Sushi Maker, I Want This!!

April 3, 2012

Bagi yang mau beliin, ulang tahun saya bulan Oktober :-)

Batagor

Februari 11, 2012

Siapa yang gak suka batagor? Jajanan pinggir jalan favorit, terutama waktu kuliah di Bandung dulu. Pertama kali mencoba membuat batagor adalah dengan menggoreng siomai, bad idea. Batagor itu lebih pada hakau yang digoreng daripada siomai.

Dimana siomai Indonesia itu adalah bastard son dari 燒麥 (shaomai – Beijing), batagor itu adalah versi Jawa Barat dari hakau yang lebih mendekati versi aslinya dibanding siomai Indonesia karena menggunakan kulit pian sit.

Gak tau deh sejarahnya hakau bisa jadi salah satu hidangan khas Jawa Barat ini, mungkin ada warga Tionghoa lagi bikin hakau dan gak sengaja kecebur di pengorengan dan ketumpahan saos kacang. c’est la vie.

Cukup cerita ga’ jelasnya, mari kita masak!

Bahan-bahan:

  • Udang secukupnya (100 – 200gr)
  • Daging ayam secukupnya (100gr)
  • 1 cangkir Tepung maizena
  • 1 batang Daun bawang, cincang halus.
  • 1 buah telur
  • 1 buah tahu besar
  • 50ml minyak sayur
  • 10 buah kulit pian sit (pangsit)
  • 200gr kacang tanah
  • 1/3 blok gula Jawa
  • 2 buah kemiri
  • garam & merica secukupnya

Let’s Get Cooking!!

Lepas kulit udang, keluarkan blendermu dan pasang alat cincang halusnya. Masukkan daging ayam dan udang, garam dan 1sdt minyak sayur lalu cincang dengan blender. Tidak perlu terlalu halus, yang penting tercampur. Masukkan hasil cincang ke dalam mangkok besar, tambahkan tepung maizena, 1sdm minyak sayur, 1 buah telur, dan daun bawang yang sudah dicincang halus. Aduk hingga adonan mengental.

Ambil kulit pangsit. Jangan dibikin bulat seperti di foto (lupa kalau bikin batagor dan bukan hakau) karena batagor lebih besar kulit pangsit akan lebih bagus *crunchy*.

Bikin huruf O dengan jari telunjuk dan jempol kirimu, letakkan kulit pangsit diatasnya, masukkan adonan ke tengah dan tekan kebawah pelan2 sehingga menjadi bentuk kantong. Oles kan sedikit minyak sayur di sekeliling dinding luar kulit pangsit sehingga menempel dan tidak lepas. Buat 10 buah kantong dan sisakan adonan untuk tahu.

Untuk tahu, buatlah sebuah lubang kotak pada tahu, korek pake sendok aja biar gampang. Tuang sisa adonan dalam lubang di tahu lalu tutup kembali dengan sisa tahu dari hasil membuat lubang.

Panaskan panci pengukus dan kukus kantong-kantong berisi adonan selama 10 menit, dan 15 menit untuk tahu.

Setelah semua selesai dikukus, panaskan pengorengan. Pastikan tahu dipotong-potong dahulu sebelum digoreng. Goreng hingga kecoklatan dengan api yang kecil.

Untuk saus kacang, uleg kacang tanah yang telah disangrai bersama gula Jawa, garam dan kemiri hingga halus, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleg hingga saus kental. Sajikan saus diatas batagor. Enjoy.

Chicken Wings

Juli 4, 2011

Crunchy, sloppy and delicious. Thats my kinda chicken wings.
Selama ini mencari resep chicken wings yang enak di internet belum menemukan hasil yang memuaskan. Antara tidak enak (jauh dari harapan), atau bahan2nya susah dicari di Indonesia.

Dari semua resep yang saya kumpulkan, kesimpulan bumbu dasar dari coating chicken wings adalah tomat, cuka, dan banyak mentega. Lalu saya pikir, apa bedanya dari ayam goreng mentega?

Maka saya mencoba membuat sendiri resep chicken wings menggunakan bahan2 yang gampang ditemukan, terutama di dapur saya. Dibawah adalah hasil eksperimen saya, yuk kita buat!

Bahan-bahan:

  • 10 sayap ayam
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah tomat
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdt cuka
  • 1/4 bawang bombay
  • 5-6 sdm mentega
  • 2 sdm Worcestershire sauce
  • 1/2 mangkok tepung terigu (atau secukupnya)
  • Garam, lada & merica secukupnya.
  • Chilli/paprika powder (optional)

Lets Get Cooking!!

Potong sayap ayam menjadi dua bagian, lalu beri guratan-guratan tipis agar ayam matang merata saat dimasak. Masukkan ayam dalam mangkok berisi tepung terigu dan balurkan. Tambahkan garam, lada dan merica secukupnya, tergantung selera anda.

Panaskan panci berisi minyak atau deep fryer. Agar ayam matang merata dan tidak mentah dalamnya, pastikan suhu minyak goreng tetap pada 150 derajat celcius. Masak ayam +3-5 menit atau hingga kulit tepung coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Oke, sekarang coatingnya.
Haluskan bawang putih dan cincang kotak bawang bombay. Iris tomat menjadi 4 atau lebih bagian. Lelehkan 6 sdm mentega dalam penggorengan. Masukkan bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan masukkan irisan tomat. Goreng hingga tomat sedikit layu dan masukkan saus tomat, cuka dan Worcestershire sauce. Tambahkan chilli powder atau paprika powder jika anda suka pedas. Campurkan tepung maizena dengan 100ml air, aduk dan campurkan pada saus coating. Aduk hingga mengental. Kecilkan api agar tidak mendidih.

Masukkan potongan sayap ayam dalam coating dan aduk hingga seluruh coating melumuri semua ayam. Angkat dan jadi deh, chicken wings done. Hidangkan dengan kentang goreng atau onion rings. Selamat mencoba!

Broccoli Bawang Putih

Mei 23, 2011

Bagi yang fans berat broccoli seperti saya, here’s a treat. Gampang dibuat, cepat, dan murah. Bisa sebagai pelengkap hidangan, atau sebagai hidangan utama, resep ini bisa di padu-padankan sayurnya dengan bokchoy, sawi atau sayuran lainnya. Yuk kita buat!

Bahan-bahan:

  • 2-3 kembang broccoli
  • 6-8 siung bawang putih
  • 1/2 bawang bombay
  • 2 sdt saus tiram
  • 2 sdt lada putih halus
  • 1 sdt gula pasir putih
  • 1 sdt tepung maizenna
  • 1 sdt mentega
  • 250ml air + 100ml air

Let’s Get Cooking!!

Buang batang besar broccoli, potek bunganya menjadi banyak.
Panaskan wok dan masukkan 1 sdt mentega. Cincang bawang bombay, Keprek bawang putih dan tumis dengan mentega sampai harum. Masukkan 250ml air dan biarkan mendidih sebentar.

Kecilkan api begitu mendidih, masukkan broccoli, lada putih, saus tiram dan gula pasir. Larutkan tepung maizenna dalam 100ml air, aduk hingga tidak ada gumpalan lalu masukkan. Masak hingga broccoli terlihat hijau mengkilat dan kuah kental. Angkat dan hidangkan untuk 2-3 orang. Gampang kan? Give it a try.

BONUS:
Jika masih ada bawang putih, keprek beberapa siung lalu cincang kasar. Taburkan tepung terigu diatasnya, lalu goreng hingga coklat (harus cepat diangkat, jangan sampai gosong). Setelah kering, akan crunchy dan siap titaburkan diatas broccoli. Tambah mantap masakannya.

Baked Egg & Sausages

Desember 27, 2010

Telur Panggang?
Telur dengan campuran jamur, bawang dan cream, dan dipanggang dengan sosis diatasnya. Terinspirasi dari nonton masterchef di TV. Yuk kita buat!

Bahan-bahan:

  • 1 telur ayam
  • 8 buah jamur kancing kecil
  • 1/4 bawang bombay
  • 100ml non fat cream
  • 1 buah sosis
  • garam, merica dan lada secukupnya

Lets get Cooking!

Iris dan cincang bawang bombai, goreng dengan sedikit minya bersama jamur. Saat sudah mulai kecoklatan, masukkan cream. Tambahkan gara, merica dan lada secukupnya. masak selama 2 menit. Hasilnya akan seperti sup.

Siapkan mangkok untuk oven. Masukkan cream berisi jamur dan bawang kedalamnya. Pastikan jangan terlalu tebal isinya, kurang lebih sekitar 50ml. Dengan sendok, buat sedikit cekungan di tengah cream dalam mangkuk, lalu pelan-pelan, pecahkan telur ditengah-tengah cream. Taburkan garam diatas telur bila suka, lalu masukkan ke dalam oven 200° celcius selama 10 menit.

Sembari menunggu matang, potong sosis ditengahnya, bagi menjadi 4. Goreng sosis, ia akan melengkung dengan sendirinya. Jadikan garnish diatas telur panggang yang sudah matang. Enjoy. :-)

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 921 pengikut lainnya.